Jumat, 31 Oktober 2014

United States Securities and Exchange Commission (SEC)


United States  Securities and Exchange Commission (SEC)

            Securities and Exchange Commission (SEC) disebut juga sebagai Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat yang merupakan suatu badan independen dari pemerintah Amerika yang memiliki tangung jawab utama untuk mengawasi pelaksanaan dari peraturan-peraturan dibidang perdagangan efekdan mengatur pasar perdagangan pada bursa efek. SEC didirikan berdasarkan pasal 4 dari Securities Exchange Act of 1934 dan secara umumnya merujuk pada Undang-undang (UU) tahun 1934 ). Pembentukan SEC juga sebagai pelaksanaan dari Securities Act of 1933Trust Indenture Act of 1939Investment Company Act of 1940Investment Advisers Act of 1940,Sarbanes-Oxley Act of 2002 dan ataupun aturan-aturan lainnya.
            SEC didirikan oleh Kongres Amerika pada tahun 1934 sebagai suatu badan independen, non-partisan, memiliki kewenangan hukum, selaku badan independen yang berwenang untuk melakukan pengawasan dan pelaksanaan aturan setelah terjadinya Great Depression yang disebabkan oleh kejatuhan Wall Street tahun 1929. Tujuan utama dari pembentukan SEC ini adalah untuk mengatur bursa efek dan mencegah penyalah gunaan oleh perseroan sehubungan dengan penawaran saham dan penjualan efek serta pelaporan keuangan perseroan. SEC diberikan kewenangan untuk mengizinkan dan mengatur perdagangan efek. Saat ini SEC bertanggung jawab untuk menyelenggarakan 6 peraturan hukum yang utama dalam industri perdagangan efek yaitu :
           
            Securities and Exchange Commission (SEC) menerapkan hukum sipil terhadap perorangan ataupun perusahaan yang didapatinya telah melakukan kejahatan akuntansi, memberikan informasi yang tidak benar, terlibat dalam insider trading ataupun pelanggaran lainnya terhadap undang-undang pasar modal (securities law). SEC juga menetapkan suatu aturan yang mewajibkan perusahaan publik untuk menyerahkan laporan keuangan secara berkala setiap kwartal dan juga laporan tahunan. Yang dimana pimpinan pusat dari perusahaan harus menyediakan ringkasan berupa analisis dan diskusi manajemen yang menggambarkan tentang kinerja perseroan pada tahun yang lampau dan bagaimana cara perseroan dalam menghadapinya.
            SEC terdiri dari 5 oran Komisaris yang ditunjuk oleh Presiden Amerika berdasarkan pertimbangan dan nasihat dari Senat dan masing-masing untuk masa jabatan selama 5 tahun. Untuk menjaga agar SEC tetap bersifat non-partisan maka tidak boleh lebih dari 3 komisaris yang berasal dari partai yang sama. Presiden juga menunjuk salah seorang dari komisaris tersebut sebagai ketua yang merupakan jabatan puncak pada SEC. Empat Divisi utama pada SEC adalah :
1.     Divisi keuangan perusahaan adalah divisi yang mengawasi keterbukaan perusahaan publik seperti halnya dengan pendaftaran transaksi, penggabungan usaha. Divisi ini bertanggung jawab atas pengelolaan EDGAR.
2.     Divisi regulasi pasar bertanggung jawab untuk mengawasi organisasi regulator mandiri (self-regulatory organization) seperti New York Stock Exchange (NYSE), National Association of Securities Dealers (NASD) dan Municipal Securities Rulemaking Board (MSRB) serta seluruh perusahaan pialang dan bank investasi. Divisi ini juga mengajukan usulan-usulan perubahan peraturan dan operasi pengawasan dari industri. Dalam praktiknya SEC mendelegasikan banyak sekali kewenangannya dalam hal penerapan hukum dan pembuat aturan kepada NYSE dan NASD.
3.     Divisi manajemen investasi bertugas mengawasi perusahaan manajemen investasi yang biasanya menerbitkan reksadana serta penasihat profesional mereka. Divisi ini melaksanakan ketentuan adalah hukum sekuriti federal (federal security law) khususnya Undang-undang Perseroan tahun 1940 dan Undang-undang Penasihat Investasi tahun 1940.
4.     Divisi penegakan hukum ini bekerja sama dengan 3 divisi lainnya serta komisi lainnya untuk melakukan investigasi atas pelanggaran terhadap hukum sekuriti (securities law) serta peraturan-peraturan terkait lainnya serta melakukan tindakan hukum sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang terhadap pelaku pelanggaran tersebut. SEC umumnya melakukan investigasi secara tertutup. Staf SEC dapat saja meminta dokumen secara sukarela serta pernyataan-pernyataan pimpinan perusahan, ataupun dapat meminta surat perintah penyelidikan dari SEC dimana berdasarkan surat perintah tersebut maka staf SEC dapat melakukan upaya paksa guna meminta dokumen-dokumen serta pernyataan saksi-saksi. SEC dapat mengajukan tuntutan yang disebut "law suit"[5] pada Pengadilan Distrik di Amerika ataupun proses administratif dihadapan hakim peradilan administratif (administrative law judge-ALJ). SEC tidak memiliki kewenangan dalam hal pidana namun dapat menyerahkan dugaan atas perbuatan pidana yang terjadi kepada negara dan jaksa penuntut federal.
            SEC juga melakukan kerja sama dgn penegak hukum federal & negara guna melaksanakan tindakan hukum terhadap para pelaku kejahatan dalam undang-undang sekuriti.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar